upgrade RAM di Ubuntu


Masalah dan masalah apakah hidup ini tidak bisa lepas dari yang namanya masalah. selesai ini ada lagi yang baru. Tapi jika tidak ada masalah tidak ada juga pembelajaran buat diri sendiri. so selalu bersyukur dan bersemangat aje dalam menghadapi masalah. 


sedikit pengalaman saya ketika meng-upgrade perangkat keras berupa RAM ( Random Access Memory ) spesifikasi laptop saya adalah :

  1. Prosesor intel core I3
  2. Ram Awal 2 GB di Upgrade menjadi 4 GB
  3. os ubuntu maverick 10.10 32 bit
dan ketika RAM 4GB saya pasang muncul masalah yaitu RAM cuman dapat dibaca hanya 2,3 GB padahal saya memasang RAM 1 Slot 4GB dan 1 Slot-nya lagi 1 GB total adalah 5 GB ya setidaknya kebacalah 4,6 or 4,8 GB lah tapi kenyataanya hanya kebaca 2,3 GB. #sempat pusing sih. dari pusing itu kemudian berfikir lagi dan searching di tante google dan ternyata dapat informasi spesifikasi laptop saya dan os yang saya gunakan hanya dapat membaca RAM maksimal 2 GB lewat dari pada itu tidak kebaca alias sisanya nganggur dan opsi yang ditawarkan dari informasi tersebut adalah:
  1. install ubuntu 64 bit
  2. install linux-generic-pae
waduh apalagi ini dalam hati saya, berarti saya tidak menggunakan kernel yang awal dunk alias nantinya saya harus menggunakan kernel-generic-pae bukan kernel-generic bawaan ubuntu awal. hais males mikir lebih jauh saya lakukan aje tuh opsi nomor 2 dan install deh dengan menggunakan mantra

sudo apt-get install linux-generic-pae

dan saya reboot komputer untuk melihat hasilnya dan ternyata di GNU grub ada penambahan list yaitu :
  1. ubuntu kernel-generic-pae
  2. ubuntu-kernel-generic
  3. linuxmint-kernel-generic
kurang lebihnya seperti itulah list di GNU grub yang tampil dan saya pilihlah opsi nomor satu dan setelah masuk di ubuntu langsunglah saya cek RAM menggunakan system monitor dan alhasil RAM saya menjadi 4,6 GB.dan betapa senangnya saya tanpa harus meng-uninstall laptop saya ke UBUNTU 64bit tapi dapat membaca RAM layaknya mesin 64bit padahal saya hanya menggunakan mesin 32bit.

ini screenshootnya:

  • RAM yang dapat dibaca sebelum meng-install  linux-generic-pae

  • RAM setelah di install kan linux-generic-pae

upsss ternyata masalah belum selesai kawan. ada beberapa aplikasi yang gak support salah satunya adalah oracle virtualbox karena pada dasarnya oracle virtualbox berjalan di kernel ubuntu-generic bukan di ubuntu-generic-pae. kwaaaaacaaaauuuuuuuuu.
 tapi virtualbox berhasil saya tangani masalahnya so di tulisan yang selanjutnya aje bahas masalah apa yang terjadi dengan virtualbox. [ngantuk]

semoga bermanfaat bagi yang membaca :












SHARE

Nasri

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image

0 komentar:

Posting Komentar