Hari Pertama pelatihan GIS di Samboja Lestari

Udah beberapa bulan blog ini tidak ada aku sentuh untung dia engga ngambek coba aje ngambek kaya pacar bisa berabe urusannya. heee #intro
kali ini saya ingin bercerita sedikit mengenai pengalaman saya mengikuti pelatihan GIS di Samboja Lestari ( BOS) hari pertama merupakan hari yang paling mengasikan sekaligus hari yang kacau. kenapa saya bilang kacau. ya karena pada saat menuju tempat pelatihan saya sudah hampir terlambat kemudian salah masuk lokasi lagi. maklum aje karena lokasi tempat pelatihan merupakan kawasan hutan yang luasnya kurang lebih 1800 hektare dan merupakan kawasan konservasi dan rehabilitasi satwa yang di lindungi terutama orang utan dan beruang madu.kemudian didalam lokasi tersebut banyak jalan berupa gang lagi dalam hati sih kok kaya dikota aje yang karena gak ada petunjuk jalan asal masuk aje alhasil ya nyasar deh untung aje nyasarnya kelokasi yang bukan tempat atau kandang beruang madu klo sempat nyasar kesana saya khawatirkan liur beruang madu itu pada netes semua melihat saya. bukan karena netes melihat ke gantengan saya ya netes pengen menyantap saya. heeee
udah cukup dulu cerita hari pertama Pelatihan GIS di Samboja Lestari ( BOS ). karena di hari pertama ada acara instal meng-install software maka saya sedikit ingin mendocumentasikan cara instalasi tersebut. software yang akan diinstalasi adalah ArcGIS dan arcgis sendiri merupakan pengembangan terbaru atau update terbaru dari software arcview untuk lebih jelasnya mengenai software ini silakahkan merujuk kesini
oke langsung aje untuk instalasinya:
  1. klik dua kali pada file ESRI dan tunggu beberapa saat seperti gambar dibawah. kemudian jika sudah tampil arcGIS Desktop pilih setup

  2. Salam sapa. biasa pilih next




  3. Pilih accept kemudian pilih next

  4. Pilih complete kemudian pilih next

  5. memilih lokasi direktori yang akan ditempatkan file instalasi. jika sudah dipilih lokasi direktorinya kemudian pilih next

  6. Meletakan bahasa pemerograman python yang akan di instalasi di direktori yang anda pilih sendiri. jika sudah pilih next.

  7. Konfirmasi apakah anda siap menginstall aplikasi ini atau membatalkannya jika ingin menginstall pilih next
  8. Tunggu sampai proses instalasi selesai

  9. Tampilan proses instalasi telah selesai.Kemudian pilih finish
  10. Setelah proses instalasi selesai, kemudian aplikasi meminta anda untuk melakukan registrasi melalui internet. karena aplikasi ini sudah di bajak oleh petani indonesia maka didalam aplikasi ini sudah disediakan crack untuk mendapatkan serial number seperti layaknya kita membeli. saya mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada pembuat software ini. jadi selanjutnya close aje aplikasi arcGIS yang ada didesktop kemudian cari file cracknya jika belum mempunyai ya cari sendiri aje ya.heeee

  11. Jika sudah mempunyai crack-nya silahkan aje klik dua kali

  12. seperti biasa pilih accept

  13. pilih install



  14. Jika ada konfirmasi seperti gambar dibawah pilih aje allow dan yes



  15. setelah proses instalasi selesai kita akses kembali aplikasi arcGIS yang sudah di install kemudian jalankan arcGIS administrator. klik arcinfo dan pada licensi manager isikan localhost dan kemudian ok

  16. form informasi

  17. Gambar program yang sedang berjalan dan form lembar kerja baru pada arcGIS



sampai disini dulu cerita dihari pertama pelatihan GIS di Samboja Lestari emang sih hari pertama tapi nulisnya nyambi dihari kedua dan maaf kata-katanya juga rada ngaur karna nulisnya nyambi sambil belajar n becandaan.
SHARE

Nasri

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image

0 komentar:

Posting Komentar