Membangun pondok tanpa basic tukang


Kalian punya kebun yang sangat luas pastinya kebun kalian punya pondok untuk beristirahat. Pondok biasanya mempunyai ukuran yang bervariasi, pondok ukurannya sangat kecil umumnya 2x2 meter dan tinggi 2 meter menurut pengamatan saya di lokasi tempat tinggal saya daerah lainya mungkin bisa berbeda. Saya sendiri membangun pondok dengan ukuran 2,5x2,5 meter. kenapa kok ada komanya tuh kenapa gak dicukupkan 3 meter gitu ada yang tanya. kayu tiangnya cuman dua meter dan panjang kayu untuk gelagarnya cuman 2,7 meter. jadi saya menyesuaikan itu saja. "sebenarnya kan bisa disambung" dasar tukang amatir. hahahaha..

Fhoto diatas adalah saya sendiri dan yang mengambil fhoto ade saya. yang kemana saya pergi selalu ikut ikbal namanya. pondok yang saya buat ini adalah baru jadi kerangkanya. belum 100% sih. tapi saya buat dengan usaha saya sendiri. kayunya sih ambil dikebun. hehe. pada dasarnya saya membuat pondok ini dari nol sampe jadi kerangka pondok seperti pada fhoto.

saya tidak mempunyai basic tukang bangunan cuman saya berfikir sedikit sebelum membangun pondok. awalnya sih ingin menyuruh tukang untuk membuat pondok. tapi saya ingin mencoba sesuatu tantangan yang belum saya coba ya dalam hati saya bilang kenapa gak saya coba sendiri aja ya bangun pondoknya. tidak usah besar tapi buat lokasi pondok semantap mungkin untuk santai, menikmati oksigen di pagi hari, melihat burung mencari makan sambil berkicau, dan lain sebagainya dah. alhsasil jadilah seperti fhoto pada gambar diatas.

saya sempat selalu tertawa sendiri "gila" ketika melihat bangunan pondok yang saya buat. karena miring dan gak pantas ajalah dilihat. sebab awal tidak ahli tukang menukang dibangunan, tidak punya pengalaman sama sekali dalam urusan tukang menukang, bahan baku seperti kayu tidak memenuhi standar bangunan ya karena kayu sisa, otomatis bengkok sana dan bengkok sini. seharusnya kayu ingin membangun pondok harus lurus. jadi keliatan bagus aja klo dilihat. tapi saya usahakan semua itu untuk kelihatan bagus walau tidak 70%. lah kok tidak 100%. klo 100 % itu untuk orang yang sudah berpengalaman di tukang menukang bapak. saya 70% itu sudah bagus banget.

jadinya pondok ini setidaknya akan menjadi tempat istirahat ketika selesai membuat usaha bertani area pondok. ya cita-cita saya sapa tau usaha ini dapat membuka lapangan pekerjaan buat orang lain. amiinn...
SHARE

Nasri

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image

0 komentar:

Posting Komentar